Sky Blue Bow Tie Senyum Semilir: WASPADA! NYAMUK BERKEMBANG DAN MENEROR DIMUSIM HUJAN

Sabtu, 27 Februari 2016

WASPADA! NYAMUK BERKEMBANG DAN MENEROR DIMUSIM HUJAN

Musim hujan nyamuk semakin sering berkembang biak. Mengapa? Karena biasanya nyamuk butuh air menggenang untuk menyimpan telor-telornya. Dan untuk bertelor, nyamuk perlu protein. Proteinnya itu diambil dari darah yang mereka isap.
Gambar nyamuk sedang menyedot darah ini diperbesar... Iiihhh, ngeri banget ya...

Korban gigitan nyamuk bisa dari binatang. Bisa juga dari manusia. Ingat, hanya nyamuk betina yang menggigit untuk menyedot darah. Karena nyamuk jantan mengambil makanan dari sari tumbuhan. Makanan utama nyamuk jantan adalah nektar bunga. Jadi kalau kita ketemu nyamuk, tanya dulu: “Kamu jantan atau betina?” Kalau nyamuk itu jantan, berarti kita aman. Nyamuk itu tidak akan menggigit.
Ini perkembangan nyamuk, dari telor sampai dewasa. Hanya perlu beberapa hari waktu dari bertelor sampai nyamuk bisa menggigit.... Berapa hari tepatnya? Kok, di buku-buku aku belum menemukannya ya. Ada yang tahu?

Konyol? Hihi... biarin, yang penting heppy. Nah, air liur nyamuk bisa mencegah darah menggumpal. Jadi itu nyamuk enak-enak saja menyedot darah dari tubuh kita. Sekali sedot, bila tanpa ketahuan, darah yang disedot nyamuk bisa dua kali lipat berat tubuhnya. Bayangkan deh waktu kita nyedot jus buah-buahan. Nyamuk itu merasakan enak, sementara kita sakit, gatal dan bentol-bentol. 
Konon, ada lebih dari 3000 jenis nyamuk di dunia ini. Bahayanya, nyamuk spesies tropis membawa parasit di dalam tubuhnya. Parasit inilah yang menyebarkan malaria dan demam kuning. Demam berdarah yang di kita lebih populer, juga disebabkan oleh nyamuk. Wow, takut banget...
Gimana dong cara agar nyamuk pergi dari sekitar rumah kita?
Pertama: Turut deh anjuran pemerintah untuk MENGUBUR (benda-benda bekas yang bisa dipakai bersarang nyamuk), MENUTUP (air di ember, bak, dsb), MENGURAS (air tergenang seperti bak mandi lebih sering dikuras).
Kedua: Taburkan juga obat-obatan seperti abate di air tergenang.
Ketiga: Pelihara deh musuh utama nyamuk, yaitu IKAN CUPANG. Mengapa? Perhatikan deh percobaan ini; masukkan ikan cupang ke genangan air yang banyak jentik nyamuknya. Dalam sekejap puluhan jentik nyamuk dikejar dan dimakan cupang. Aku pernah memperhatikannya. Karena Bundaku pernah memelihara IKAN CUPANG.
Keempat: Sekedar usul saja; bagaimana bila IKAN CUPANG kita kasih penghargaan, atau sekedar julukan: PENDEKAR PEMBURU JENTIK NYAMUK.
Setujjuuu...???

Bahan naskah dan gambar: Binatang Merayap 2 (Elekmedia) & WWP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar