Sky Blue Bow Tie Senyum Semilir: 5 CARA MUDAH SUKSES UJIAN NASIONAL

Selasa, 10 Mei 2016

5 CARA MUDAH SUKSES UJIAN NASIONAL





Ujian? Siapa takut.
Pasti bisa! Jangan gelisah, dan jangan takut...  Ujian bukan apa-apa, hanya tes kemampuan kita selama belajar di sekolah.
Ujian itu, mengetes seberapa jauh kita memahami pelajaran yang sudah disampaikan ibu bapak guru. Nah... kalau hasilnya bagus, kita berarti memahaminya dengan baik.  
            
     Lima Cara Mudah Sukses Ujian Nasional
Mau tahu caranya? Lanjut yuk!...


1.                  Belajar Itu Kunci Sukses

Belajar, ya, sebelum Ujian kita harus rajin belajar, kuncinya ada di sini. Belajar supaya bisa menjawab soal dengan mudah, jangan takut untuk belajar.  Belajarlah dengan giat dan sungguh-sungguh.  Mulailah belajar dari yang mudah. Belajar tidak harus lama-lama, cukup dengan membaca buku pelajaran selama 5 menit setiap hari. Meski belajarnya hanya sebentar tidak apa, yang penting tekun dan memahaminya. Jika ada yang tidak dimengerti, tanyakan pada Mama, Papa, Kakak, Sepupu, Tetangga, atau orang lain yang bisa membantumu. Mereka bisa membantumu dalam soal yang tidak kau mengerti. Biasanya, anak yang masih duduk  di kelas satu sampai tiga Sekolah Dasar, masih perlu bimbingan. Makannya, belajarnya ditemani oleh mamanya, atau orang lain. Tapi, menjelang kelas empat ke atas kita sebagai siswa, harus bisa dong... belajar mandiri.  Tidak usah ditemani mama lagi seperti dulu. Apalagi kalau mama sibuk. Dan yang intinya belajar itu wajib. Jangan lupa belajar ya, teman-teman. J

2.                  Kurangi Jadwal Main mu

       Kalau mau ujian, tentu kita pasti dilarang bermain oleh orang tua kita. Bukan apa-apa, orang tua kita melarang karena mereka sayang pada kita, mereka tidak mau nilai ulangan kita jelek. Jadi, kalau dilarang bermain jangan marah dan kesal ya.  Memang, kita boleh bermain kok. Tapi, harus ingat waktu. Waktunya belajar, ya belajar, waktu main, ya main. Jangan sampai bermain mengganggu waktu belajarmu, atau mengganggu kakakmu misalnya yang lagi belajar untuk ujian di sekolahnya.  Bermain dengan buku juga seru kok, sambil main tebak-tebakan atau menjawab soal dalam buku, tapi, jangan lupa ya, tetap rajin belajar ya, teman-teman, jangan main terus hihi...

3.                  Bacanya Buku Pelajaran Aja

Jangan hanya belajar, baca bukunya juga jangan ketinggalan. Tapi, bacanya baca buku pelajaran. Menjelang mau Ujian, mending baca Komic, Novel dan yang lainnya kurangi dulu. Baca buku bukan hanya di baca,  tapi juga disimak,  yakin deh, setelah baca buku kita dapat sebuah ilmu. Coba aja, gimana kalau kamu sudah baca Novel?, pastinya dapat ide kan?.
Baca buku Matematika, baca dan pelajari rumus-rumusnya, dan juga coba di kertas. Semua pelajaran juga begitu, pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sama, juga bisa dipraktekkan dan diamati, misalnya, kupu-kupu bertelur menjadi Ulat. Jangan lupa ya, mau ujian,  baca buku!


4.                  Makan-makanan yang sehat dong...!

Hah, mau ujian kok badannya lesu. Semangat dong... badannya harus Vit, alias sehat. Ribet deh nanti kalau sakit. Makannya, sebelum sakit, kita juga harus jaga kesehatan. Makan-makanan baik, 4 Sehat 5 Sempurna.
Makannya yang sedehana saja, seperti Tahu, Telur, Sayur Hijau, dan Tempe. Meski sederhana tapi sehat ya kan?. Yang paling penting, sebelum pergi ke sekolah Sarapan! Jangan sampai tidak, sarapan itu wajib lho... kalau gak sarapan, nanti pingsan deh di sekolah. Kalau perlu, minum susu ya, lebih bagus susu murni, langsung dari sapinya. Tanpa pengawet. Hmm... yummy...
Ingat, ayo makan-makanan yang sehat ya... Jaga Kesehatan mu teman, jangan sampai sakit... ;)

5.                  Are You Ready?

Apa kamu sudah siap?, jangan pernah takut. Ayo, Semangat, siapkan Mentalmu. Jangan takut ujian, jika kamu sudah berusaha belajar, jangan takut. Pasti kamu bisa.
Ingat saja, bahwa kamu “Bisa!bisa!bisa!!! aku bisa!!!”  ikuti kata hatimu. Pede aja deh... Ayo, tunjukan bahwa kamu adalah yang tebaik.  Do’a orang tua, guru, dan semua orang yang sayang pada mu, selalu menyertaimu. J  Semoga lulus teman, jadilah anak yang membanggakan orang tua, Nusa dan Bangsa.  

Terimakasih, semoga Lulus Ujiannya teman, jadilah yang terbaik. J J J
Salam semanis gula dariku.  Semilir Asih.
Suksess buat mu. J


                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar